Trial_Ethics for the Information Age

Teknologi komputer dan telekomunikasi mengubah wajah abad yang disebut abad informasi saat ini. Ia membawa banyak manfaat bagi kehidupan tetapi sekaligus pelbagai permasalahan sosial dan moral. Kelas Applied Ethics in IT ini memberikan dasar pengambilan keputusan etis melalui pengenalan teori etika dasar, prinsip moral, keteladanan moral dalam leadership serta mendiskusikan pelbagai isu moral yang timbul dari teknologi ini.

Melalui diskusi dilemma moral, mahasiswa didorong memperluas perspektif pemahaman terhadap kasus dengan mempertimbangkan pro dan kontra serta pemikiran kritisnya untuk pengambilan keputusan etis.

Kelas ini terbagi dalam tiga tahapan:

Tahapan pertama, mahasiswa diharapkan dapat merefleksikan secara kritis pro dan kontra keteladanan pemimpin sebagai dasar kepemimpinan yang etis.

Tahapan kedua, mahasiswa mampu memahami konsep dan pendekatan teori etika universal dengan mengidentifikasi, menganalisis serta memutuskan berbagai isu utama dan problem dilema moral dalam bidang IT.

Tahapan ketiga, secara mandiri mahasiswa, mampu menganalisis kasus problem dilema moral dalam bidang IT dalam realitas menggunakan pendekatan moral yang dipilh mahasiswa.